Pengantar Manajemen SDM

ANALISA PEKERJAAN

A. Pengertian
Analisa Pekerjaan : Proses sistimatik dalam menentukan keahlian,kewajiban, serta pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dalam organisasi
B. Informasi yang dikumpulkan
1.kegiatan kerja: proses,pencatatan,prosedur,tanggung jawab individu
2.Aktivitas yang berkaitan dengan pekerja :perilaku,lingkupgerak,tuntutan pekerjaan
3.Mesin,peralatan yang dibutuhkan
4.Hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan (terlihat/tdk terlihat)
5.Kinerja kerja: analisa kesalahan,standar,waktu
6.Kontex Pekerjaan: Schedule,,insentif,kondisi kerja,kontex organisasi dan sosial
7.Syarat kepribadian yang harus dimiliki :kepribadian,pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan,pengalaman
C. Metode yang digunakan
• Kuesioner
• Observasi
• Wawancara
• Catatan Kerja (logbook)
• Kombinasi
D. Fungsi Analisa Pekerjaan
• Pegangan dalam merekrut pegawai –melihat pengetahuan,keahlian dan kemampuan.
• Dasar identifikasi kebutuhan pelatihan dan atau pengembangan
• Evaluasi keberhasilan/kegagalan berdasarkan hal-hal /target yang telah dituliskan dalam deskripsi jabatan
• Kompensasi diberikan berdasarkan besarnya tugas dan tanggung jawab,semakin tinggi keahlian,pengetahuan dan kemampuan biasanya semakin tinggi kompensasinya


E. Deskripsi Jabatan
Dokumen yang menyediakan informasi mengenai tugas,kewajiban,dan tanggung jawab suatu jabatan
Spesifikasi jabatan: dokumen yang berisi kwalifikasi minimum yang harus dimiliki seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu
• Tugas Utama :
Persentase waktu yang didedikasikan untuk tiap tugas/kewajiban
Standard kinerja yang harus dicapai
Kondisi kerja dan kemungkinan bahaya yang dihadapi
Jumlah pekerja yang melakukan suatu pekerjaan dan kepada siapa harus melapor
Mesin dan peralatan yang digunakan dalam bekerja.
F. Job Design
1. pengertian
Proses penentuan tugas tertentu yang harus dikerjakan,dengan metode tertentu dan bagaimana keterkaitan nya dengan tugas/pekerjaan lain.
2. Job Enrichment
Perubahan dalam isi dan tingkat tanggung jawab suatu pekerjaan guna memberi tantangan lebih besar bagi pekerja
3. Job Enlargement
Menambah beban kerja namun masih dalam tingkat tanggung jawab yang sama

F. Spesifikasi Pekerjaan
Spesifikasi pekejaan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik. Spesifikasi pekerjaan ini dapat disusun secara bersama-sama dengan Uraian pekerjaan, tetapi dapat juga di susun secara terpisah.
Beberapa hal yang pada umumnya dimasukkan dalam Spesifikasi pekerjaan adalah:
1. Persyaratan pendidikan, latihan dan pengalaman kerja
2. Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
3. Persyaratan fisik dan mental
4. Persyaratan umur dan jenis kelamin

    0 comments:

    Post a Comment